asuransi kesehatan syariah

Wajib Tahu, Beberapa Tanda Penyakit Paru-paru!

Librosgijon – Apakah Anda sudah memproteksi diri dengan asuransi kesehatan syariah? Semoga saja sudah! Sebab kalau belum, berarti ketika sakit Anda harus siap dengan besarnya biaya pengobatan yang semakin tinggi saat ini. Apalagi jika sampai Anda terkena penyakit paru-paru yang membutuhkan pengobatan secara berlanjut.

Melansir health.kompas.com, penyakit paru-paru merupakan masalah kesehatan yang dapat memengaruhi fungsi organ pernapasan. Di mana, ketika seseorang mengalami kondisi ini maka ia akan kesulitan untuk bernapas. Penyebabnya sendiri beragam seperti terinfeksi virus, jamur, bakteri, terpapar polusi udara, merokok, dan lain sebagainya.

Biasanya, terdapat tanda-tanda jika seseorang menderita penyakit paru-paru, di antaranya:

asuransi kesehatan syariah

1. Menderita batuk yang tidak kunjung sembuh

Batuk merupakan salah satu penyakit yang kerap diderita semua orang akibat saluran pernapasan sedang mengalami gangguan. Biasanya, kemunculannya sendiri bisa diakibatkan oleh alergi, polusi, debu, terlalu sering mengonsumsi makanan yang berminyak, dan lainnya.

Normalnya, batuk bisa sembuh kurang dari 3 minggu, tapi jika batuk yang diderita tidak kunjung sembuh atau sudah masuk batuk kronis maka Anda perlu waspada. Pasalnya, batuk yang sudah melebihi 8 minggu bisa menjadi gejala dari sakit paru-paru.

2. Mengalami sesak napas saat menjalani aktivitas yang ringan

Sesak napas memang bisa muncul saat seseorang melakukan olahraga berat ataupun mengalami stres yang berlebihan. Namun, bagi penderita sakit paru-paru mereka akan kesulitan untuk mengambil napas meski hanya melakukan aktivitas yang ringan.

Bahkan, terkadang penderitanya mengalami sesak panas padahal sedang istirahat maupun tiduran. Kondisi seperti ini bisa menjadi pertanda jika Anda mengalami sakit paru-paru yang mengarah pada PPOK atau asma.

3. Produksi dahak yang berlebihan

Lendir atau dahak merupakan cairan yang diproduksi oleh tubuh sebagai bentuk pertahanan tergadap iritan maupun infeksi. Jika tubuh dimasuki jamur, virus, bakteri, atau bahkan sumber alergi maka tubuh akan langsung memproduksi dahak.

Namun, perlu diwaspadai jika dahak yang diproduksi terlalu berlebihan dan berlangsung lebih dari satu bulan lamanya. Bisa jadi, ini merupakan pertanda jika Anda sedang menderita penyakit paru-paru.

4. Nyeri berlebih pada bagian dada

Nyeri pada bagian dada memang seringkali dikaitkan dengan gejala penyakit jantung. Namun, nyeri yang muncul pada bagian dada ini juga bisa menjadi pertanda jika Anda tengah menderita penyakit paru-paru. Di mana, sakit dada yang dirasakan bisa menjalar ke bagian bahu di saat sebagian organ-organ pada paru-paru mengalami peradangan.

Waspadai bila sakit yang dirasakan lebih dari satu bulan atau sakitnya bertambah parah jika digunakan untuk bernapas maupun batuk karena bisa berakibat fatal pada kondisi paru-paru Anda.

Selain tanda-tanda yang sudah dituliskan di atas, Anda juga tanda lainnya seperti kaki bengkak dan nyeri, berat badan turun drastis tanpa diketahui sebabnya, kuku dan bibir menjadi pucat, menderita batuk berdarah, mengi, dan lainnya. Ketika salah satu atau lebih dari berbagai gejala di atas mulai Anda rasakan, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar bisa mendapat penanganan secepatnya.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *