sistem keuangan 50 30 20

Sistem Keuangan 50 30 20 untuk Perencanaan Keuangan yang Lebih Baik

Librosgijon – Penghasilan sebesar apapun tidak akan pernah cukup memenuhi kebutuhan jika Anda tidak tahu cara mengatur keuangan. Pada dasarnya mengatur keuangan pribadi dapat dilakukan dengan memahami dua konsep sederhana, yaitu pemasukan dan pengeluaran. Perencanaan keuangan yang lebih baik dapat terwujud dengan menerapkan sistem keuangan 50 30 20, begini caranya.

sistem keuangan 50 30 20

Setengah Pendapatan untuk Kebutuhan Primer

Langkah awal dalam menerapkan sistem ini adalah sisihkan 50% gaji yang Anda peroleh sebagai dana kebutuhan utama atau biasa disebut kebutuhan primer. Hal ini untuk mengantisipasi kekurangan uang di akhir bulan. Kebutuhan primer ini merupakan kebutuhan pokok dalam keseharian hingga termasuk cicilan yang wajib Anda bayar.

Bagi Anda yang memiliki kewajiban membayar cicilan jangan lupa ikut sertakan dalam langkah ini. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya pembengkakan tagihan. Sebagai contoh gaji yang Anda peroleh adalah sebesar Rp5.000.000,00/bulan maka Anda harus siap-siap menyisihkan setidaknya Rp 2.5 juta untuk langkah awal sistem ini.

Pengeluaran untuk Lifestyle

Setelah Anda sudah memastikan dana untuk kebutuhan pokok bulanan terjamin aman. Selanjutnya Anda dianjurkan untuk mengalokasikan 30% dari penghasilan Anda untuk belanja tambahan, seperti membeli sepatu sepak bola untuk si kecil, atau makan-makan di mal bersama keluarga.

Apabila tanggungan kebutuhan pokok dirasa kurang dana di bagian langkah ini dapat dikurangi untuk menambal kekurangan dana pada langkah awal. Sebagai contoh dengan memperoleh gaji Rp5.000.000,00/bulan, maka 30% dari gaji Anda setara Rp1.500.000,00 dapat Anda alokasikan untuk pengeluaran tambahan ini.

Namun jika dalam pengeluaran wajib Anda masih memerlukan dana tambahan, maka Anda harus memotong dari dana ini dan memanfaatkan dana yang masih tersisa untuk menunjang pengeluaran tambahan Anda.

Wajib Memasukkan Anggaran untuk Menabung

Menabung merupakan kegiatan wajib yang perlu dilakukan bagi Anda yang telah memperoleh gaji bulanan apalagi sudah berkeluarga. 20% dari gaji Anda sebaiknya dialokasikan untuk menabung atau kegiatan investasi lainnya. Sebagai contoh dengan gaji Rp5.000.000,00/bulan maka Anda sebaiknya menabung setidaknya Rp1.000.000,.

Demikian penjelasan mengenai sistem keuangan 50 30 20. Tentunya, ratio ini hanya kisaran, dan harus disesuaikan lagi dengan keadaan keuangan Anda. untuk perencanaan keuangan yang lebih baik Anda dapat mulai mencoba menerapkan sistem ini di kehidupan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *