mobil seken atau second

Hindari Beberapa Hal Ini Jika Anda Berkendara dengan Mobil Matic

Librosgijon – Saat ini, mobil matic menjadi pilihan banyak orang karena cara mengemudikannya yang terbilang mudah dan sederhana. Terlebih, sekarang ini mendapatkan mobil matic tidaklah sulit karena sudah banyak tempat mobil seken atau second yang menyediakan mobil matic dengan kualitas yang prima.

Namun demikian, ada hal yang sebaiknya Anda tahu mengenai beberapa hal yang perlu dihindari saat mengendarai mobil matic, yaitu:

mobil seken atau second

1. Hanya Menginjak Rem Saat Lampu Merah

Saat Anda sedang terjebak macet atau harus berhenti di lampu merah selama lebih dari 20 detik, jangan biarkan tuas gigi berada pada posisi “D” atau drive. Pasang gigi pada posisi netral agar sistem transmisi tidak cepat rusak.

2. Segera Memasang Posisi “P” Saat Sedang Proses Parkir

Hal terlarang untuk mobil matic selanjutnya adalah secara sembrono memindahkan tuas ke posisi “P” atau park saat mobil belum benar-benar berhenti. Pastikan Anda sudah selesai melakukan proses parkir dan mobil sudah dalam posisi diam saat Anda menggeser tuas transmisi ke “P”.

3. Memasang Transmisi Netral Saat Jalan Menurun

Sistem transmisi mobil kesayangan Anda bisa jebol jika Anda sering memindahkan tuas gigi ke posisi “N” atau netral saat berada di jalan menurun. Cara ini sering pengguna mobil matic lakukan untuk menghemat bahan bakar. Namun akibatnya cukup fatal, Anda bahkan harus mengeluarkan biaya lebih banyak saat harus mengganti sistem transmisi yang baru.

4. Melewati Genangan Air yang Tinggi

Anda harus berhati-hati saat melewati daerah banjir ketika menggunakan mobil matic. Melewati genangan air yang tinggi merupakan hal terlarang untuk mobil matic. Sebab saat melewati banjir, filter udara berisiko kemasukan air dan dapat berujung pada terjadinya water hammer. Water hammer adalah situasi saat air bisa masuk ke ruang pembakaran dan tentunya akan merusak mesin.

5. Tidak Menginjak Pedal Rem Saat Akan ke Posisi “D”

Jika Anda menggunakan mobil matic, maka biasakan untuk selalu menginjak rem terlebih dahulu ketika akan memindahkan tuas transmisi ke posisi drive. Hal ini dikarenakan mobil bisa melaju dengan sendirinya dan berpotensi menabrak.

6. Menginjak Pedal Rem dan Gas Secara Bersamaan

Saat memutuskan untuk mengendarai mobil dengan transmisi otomatis, Anda memang harus memperhatikan apa saja hal terlarang untuk mobil matic. Salah satunya menginjak pedal rem dan gas secara bersamaan. Tindakan ini dapat mempercepat rusaknya sistem transmisi mobil Anda.

Yuk, Mengendarai Mobil Matic dengan Aman!

Demikian beberapa hal terlarang untuk mobil matic yang harus Anda perhatikan. Mengendarai mobil matic memang terbilang mudah karena tidak ada pedal kopling dan jumlah tuas gigi yang lebih sederhana. Namun, Anda harus mematuhi hal yang tidak boleh dilakukan saat menggunakannya. Selain untuk keamanan berkendara, juga untuk menjaga mesin tetap prima dalam jangka waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.