cicilan mobil mocil

Begini Cara Ambil BPKB Mobil dari Pihak Leasing

Librosgijon – Setelah sekian lama membayar cicilan setiap bulannya, akhirnya bulan ini memasuki bulan terakhir periode pinjaman. Rasanya tentu senang dan lega sekali, kan? Sebab mulai bulan depan Anda tidak lagi memiliki tanggungan cicilan mobil Mocil yang harus dibayar.

Lalu jika cicilan terakhir tersebut sudah dibayar, langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya? Tentunya, mengurus BPKB mobil pada pihak leasing. Seperti diketahui, BPKB sendiri merupakan bukti kepemilikan kendaraan bermotor, yang mana jika Anda mengambil sistem cicilan pada saat membeli mobil maka BPKB ini biasanya ditahan oleh pihak leasing. Oleh karena itulah, Anda wajib mengurusnya jika mendekati akhir waktu pelunasan.

Namun, sebelum mengurusnya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu, seperti:

a. Pengecekan status kredit

b. Persiapan pengambilan BPKB

c. Pengurusan asuransi

3 poin di atas sangat penting untuk diperhatikan supaya Anda lebih mudah mengurus BPKB mobil yang akan diambil tersebut.

Lantas, bagaimanakah cara mengambil BPKB mobil pada pihak leasing? Yuk, disimak!

cicilan mobil mocil

1. BPKB Anda ambil sendiri

Bila Anda mengambil BPKB secara langsung oleh Anda sendiri, maka berikut adalah kelengkapan yang harus dibawa ke pihak leasing:

  • Keterangan identitas, bisa berupa KTP, SIM, Surat Keterangan Domisili jika Anda baru saja pindah rumah. Tentu, keterangan identitas harus yang masih berlaku dan asli.
  • Bukti transfer cicilan mobil yang sudah Anda lunasi beberapa bulan terakhir. Nantinya pihak Mocil.id akan melakukan kroscek untuk memastikan kelancaran pelunasan Anda dan apakah ada denda tambahan atau tidak.
  • Jangan lupa membawa STNK asli.

2. Pengambilan BPKB oleh pihak ketiga

Apabila anda sedang tidak memungkinkan untuk mengambil sendiri BPKB-nya, Anda bisa mewakilkannya. Berikut ini adalah kelengkapan yang harus dibawa oleh pihak yang menjadi wakil Anda:

  • Lampiran surat kuasa yang menyatakan bahwa Anda secara sadar memberikan mandat kepada orang yang Anda tunjuk. Sertakan juga identitas mobil Anda secara detail dan surat kuasa yang harus tertera tanda tangan Anda sebagai pemberi kuasa pada materai 6000. Pastikan tanda tangan yang Anda bubuhkan sama dengan yang ada di KTP.
  • Keterangan identitas yang masih berlaku dan asli dari Anda sebagai pemberi kuasa dan pihak yang Anda pilih sebagai perwakilan. Bila Anda baru saja pindah rumah, maka jangan lupa titipkan surat keterangan domisili kepada wakil Anda.
  • Lampirkan juga semua bukti pelunasan cicilan mobil yang telah Anda lakukan. Jangan lupa titipkan ini pada wakil Anda.

3. Pengambilan BPKB apabila pihak pembeli meninggal dunia

  • Keterangan identitas yang asli dan masih berlaku dari pihak pembeli, pihak ahli waris, dan pihak ketiga yang diberi mandat oleh ahli waris.
  • Fotokopi Surat Kematian.
  • Lampiran surat keterangan ahli waris dari kelurahan.
  • Lampiran surat kuasa yang harus berisi tanda tangan semua anggota keluarga inti yang tercantum dalam surat keterangan ahli waris (jika lebih dari 1 orang).
  • Fotokopi Kartu Keluarga.

Nantinya pihak leasing akan memberikan surat pernyataan apabila ahli waris menggunakan pihak ketiga dalam pengambilan BPKB. Surat ini berisi pemaparan bahwa pihak ketiga adalah pihak yang bertanggung jawab sehubungan dengan pelepasan BPKB tersebut.

Itu dia beberapa cara mengambil BPKB mobil pada pihak leasing yang bisa Anda terapkan. Jangan sampai lupa membawa semua syaratnya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *