arti dari subhanallah

Arti Dari Subhanallah dan Masya Allah

librosgijon – Sholat adalah salah satu bentuk ibadah yang wajib dilakukan oleh semua umat Muslim. Meskipun begitu, masih ada bentuk ibadah lain yang wajib dilakukan dalam kehidupan sehari-hari umat muslim yaitu Dzikir seperti Subhanallah atau Masya Allah. Topik kali ini akan membahas arti dari Subhanallah dan Masya Allah.

arti dari subhanallah

Arti Subhanallah

Subhanallah merupakan kata yang terdiri dari 2 kata yaitu subhâna yang berasal dari kata sabaha-yasbahu yang berarti menjauh dan Allah. Arti dari menjauh ini kemudian dikembangkan lagi menjadi arti suci yang artinya harus menjauhi hal-hal yang bersifat kotor atau najis.

Maka dari itu apabila kedua kata tersebut digabungkan dengan kata Allah maka artinya Allah itu jauh dari adanya hal-hal dan kemungkinan negatif yang buruk yang mungkin sedang melintas atau pernah melewati benak umat para Muslim.

Arti Masya Allah

Masya Allah adalah kalimat dzikir yang sangat sering diucapkan oleh para umat Muslim setiap harinya bahkan beberapa kali dalam sehari. Masya Allah memiliki 2 arti yaitu “segala sesuatu yang sudah dikehendaki oleh Allah, maka itulah yang akan terjadi” atau ”inilah yang diinginkan Allah”.

Itulah mengapa sebagai umat yang terkadang melihat sesuatu yang indah atau hal yang menakjubkan yang belum pernah atau sudah terjadi maka semua itu adalah semata-mata terjadi karena kehendak dan kuasa Allah.

Perbedaan Penggunaan Subhanallah dan Masya Allah

Baik itu Subhanallah dan Masya Allah sama-sama sering disebutkan dalam kehidupan sehari-hari. hanya saja, ada banyak umat muslim yang mungkin masih salah dalam penggunaan kedua kata ini meskipun memang sudah banyak yang menggunakannya.                  

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa arti Subhanallah merupakan Allah itu jauh dari adanya hal-hal dan kemungkinan negatif yang buruk yang mungkin sedang melintas atau pernah melewati benak umat para Muslim. Jadi kata ini bisa digunakan pada saat Anda melihat sesuatu baik itu kebaikan, keindahan, atau keburukan dari hal tersebut.

Rasullullah juga menggunakan kata ini saat melihat suatu hal yang tidak seharusnya dilihat. Ini artinya lafal Subhanallah juga digunakan oleh Rasullullah saat melihat kejadian yang tidak ingin dilihat oleh beliau.

Sedangkan Masya Allah digunakan saat kita merasa kagum karena ciptaan Allah baik itu manusia, hewan, tumbuhan. Jadi kata ini bisa diartikan sebagai bentuk pujian atau doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT karena melihat hal yang menarik di depan mata mereka.

Inilah makna dan arti dari Subhanallah dan Masya Allah serta kedua perbedaan dalam penggunaannya. Anda bisa mencari informasi tentang ibadah di Ladiestory dengan mengunjungi www.ladiestory.id/ yang berisi berbagai informasi yang lengkap dan bermanfaat bagi Anda yang bukan hanya seputar ibadah saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *