sumber zat besi untuk anak

5 Pilihan Makanan Sumber Zat Besi untuk Buah Hati

Librosgijon – Zat besi punya peran yang sangat penting bagi pertumbuhan si kecil. Penting sekali untuk memastikan bahwa anak mengonsumsi makanan sumber zat besi setiap hari. Ada banyak sekali jenis bahan makanan sumber zat besi untuk anak. Dengan mengonsumsi makanan tersebut maka pertumbuhan anak bisa berjalan optimal dan daya tahan tubuh terbentuk kuat.

Makanan Sumber Zat Besi

Ada banyak pilihan jenis makanan alami kaya zat besi untuk memenuhi kebutuhan anak. Orang tua bisa mengombinasikan jenis makanan tersebut untuk dikonsumsi anak agar tidak mudah bosan. Berikut ini adalah 5 bahan makanan kaya zat besi yang dapat dimakan si kecil:

sumber zat besi untuk anak

1. Daging

Pilihan bahan makanan pertama yang punya kandungan zat besi tinggi adalah daging tanpa lemak. Jenis daging yang bisa dikonsumsi pun bermacam-macam ada daging sapi, ayam, maupun bebek. Tinggal disesuaikan saja dengan selera si kecil agar bisa lahap makan.

2. Telur

Sumber zat besi lainnya yang mudah ditemukan dan diolah adalah telur. Telur ini merupakan jenis bahan makanan kaya protein dan mengandung banyak zat besi. Jangan lupa pastikan si kecil tidak alergi telur sebelum mengonsumsinya.

3. Sayuran Hijau

Sumber zat besi untuk anak berikutnya adalah sayuran hijau. Beragam jenis sayuran berdaun hijau seperti brokoli, sawi, bayam, dan kale sangat bagus untuk dikonsumsi si kecil. Semua bahan sayuran ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan bisa mencukupi kebutuhan gizi anak.

4. Sereal Terfortifikasi

Bukan hanya bahan makanan alami yang dapat dikonsumsi sebagai sumber zat besi. Anak juga bisa mendapatkan asupan zat besi dengan mengonsumsi sereal yang sudah terfortifikasi. Sereal ini bisa jadi pilihan menu makanan untuk dikonsumsi saat sarapan. Pilihlah produk sereal dengan kandungan gizi lengkap dan sudah difortifikasi zat besi.

5. Kacang-Kacangan

Beragam jenis kacang-kacangan juga dikenal memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Sebut saja kacang merah, kacang kedelai, juga kacang polong, dan beragam jenis kacang lainnya. Kacang-kacangan bisa jadi bahan makanan yang direkomendasikan bahkan sejak anak masuk masa MPASI.

Itulah tadi 5 jenis makanan sumber zat besi untuk anak. Anda bisa mengolah bahan-bahan ini dengan berbagai cara agar tidak terasa membosankan bagi si kecil. Usahakan untuk mengolah bahan-bahan tersebut secara kreatif agar anak semakin lahap makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *