gejala kerusakan mobil matic

5 Gejala Kerusakan Mobil Matic yang Perlu Anda Waspadai

Librosgijon – Bagi beberapa orang mobil matic bisa dijadikan pilihan sebagai kendaraan pribadi yang nyaman. Mobil matic mudah dikendarai karena Anda tidak perlu menginjak kopling. Namun, apabila Anda tidak melakukan perawatan dengan benar tentu akan menimbulkan masalah pada mobil Anda. Lalu, apa saja gejala kerusakan mobil matic yang sering muncul.

gejala kerusakan mobil matic

1. Sentakan Saat Memindahkan Gigi

Saat Anda merasakan sentakan pada awal saat Anda memindahkan gigi maka hal ini perlu Anda waspadai. Hal ini biasanya terjadi karena adanya kerusakan pada sistem mekanis atau elektronik mobil. Kerusakan tersebut mengakibatkan oli tidak dapat melumasi secara sempurna pada saat gigi berpindah pada putaran mesin.

2. Tuas Tidak Bisa Berpindah

Ketika Anda melajukan mobil, Anda harus melakukan perpindahan gigi. Namun, jangan panik apabila tiba-tiba tuas tidak bisa berpindah, kerusakan tersebut terjadi karena switch rem tidak berfungsi. Transmisi matic akan mengirimkan signal mengapa rem dan tuas gigi tidak berfungsi, hal ini berguna untuk mencegah terjadinya kecelakaan dalam berkendara.

3. Boros Bahan Bakar

Bahan bakar mobil yang boros juga bisa menjadi tanda apabila mobil matic mengalami kerusakan. Tenaga torsi mobil yang tidak disalurkan secara maksimal menyebabkan putaran mesin menjadi berlebih hal ini menyebabkan bahan bakar menjadi boros.

4. Sulit Menanjak

Saat menanjak biasanya mobil matic akan menggunakan gigi L atau D1 agar kuat menanjak. Apabila mobil tidak bisa melaju pada saat menanjak padahal Anda sudah mengoper gigi bisa dipastikan bahwa ada masalah pada transmisi mobil.

5. Mobil Bergetar dan Mengeluarkan Suara Berdengung

Saat berkendara mobil akan bergetar namun apabila getaran tidak seperti biasanya hal ini dikarenakan ada masalah pada kampas mobil, bisa jadi kampas mobil sudah aus atau gosong. Maka Anda perlu segera melakukan pengecekan dan mengganti kampas mobil.

Anda juga perlu memperhatikan apakah mobil mengeluarkan bunyi dengung atau tidak. Mobil yang mengeluarkan suara dengung disebabkan oleh transmisi matic yang kurang terlumasiĀ  saling bergesekan dan mengeluarkan bunyi yang tidak enak didengar. Apabila dibiarkan terlalu lama bunyi ini akan semakin keras.

Melakukan pengecekan dan perawatan mobil secara berkala sangat penting dilakukan untuk mengetahui gejala kerusakan mobil matic. Hal ini sangat bermanfaat agar transmisi mobil Anda tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *